kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump jatuhkan sanksi ke bank sentral dan dana pembangunan Iran


Sabtu, 21 September 2019 / 13:11 WIB
Trump jatuhkan sanksi ke bank sentral dan dana pembangunan Iran


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Amerika Serikat (AS) kembali menjatuhkan sanksi terhadap Teheran, termasuk terhadap bank sentral Iran dan dana pembangunan. Sanksi itu dijatuhkan setelah serangan pekan lalu ke fasilitas minyak di Arab Saudi yang oleh pejabat Riyadh dan AS telah menyalahkan Iran.

Presiden AS Donald Trump mengatkan sanksi terbaru tersebut kepada wartawan di Gedung Putih pada hari Jumat setelah pertama kali mengumumkan rencananya untuk sanksi lebih lanjut awal pekan ini di Twitter.

Baca Juga: Pentagon mengirim pasukan untuk meningkatkan pertahanan Arab Saudi setelah serangan

Kendati begitu, analis meragukan seberapa keras langkah-langkah baru AS tersebut akan memukul Teheran mengingat sanksi sebelumnya telah mengeringkan pendapatan minyak Iran dan memutus hubungan bank-bank Iran dengan dunia keuangan.

Senator Republik Lindsey Graham meminta Pentagon untuk memberikan Trump berbagai pilihan yang akan menghukum Iran dan memperingatkan bahwa Amerika Serikat telah "kehilangan pencegahan" dengan Teheran .

Sanksi baru tersebut menargetkan Bank Sentral Iran, Dana Pembangunan Nasional Iran dan Etemad Tejarate Pars Co, sebuah perusahaan Iran yang menurut pejabat AS digunakan untuk menyembunyikan transfer keuangan untuk pembelian militer Iran, Departemen Keuangan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Ini adalah sanksi tertinggi yang pernah dijatuhkan pada suatu negara," kata Trump seperti dilansir Reuters, Sabtu (21/9).  “Sayang sekali apa yang terjadi dengan Iran. Ini akan menjadi neraka, melakukan yang buruk, praktis rusak, mereka hancur, ”katanya.

Menteri Keuangan AS  Steve Mnuchin mengatakan Washington sekarang telah memotong semua sumber dana ke Iran.

Baca Juga: Jelang perundingan, Trump bebaskan sejumlah barang impor China dari tarif tambahan

Amir Paivar, seorang analis pasar yang berbasis di London, mengatakan bahwa sementara menargetkan bank sentral tampaknya penting, langkah terbaru sebagian besar kosmetik.

"Hasil ekspor minyak Iran biasanya disimpan dalam rekening Bank Sentral di seluruh dunia, oleh karena itu bank memiliki kepentingan sentral," Amir Paivar, seorang analis pasar yang berbasis di London mengatakan.

"Tetapi dengan ekspor minyak Iran yang minimum, dan dengan bank-bank global yang tidak bekerja dengan rekan-rekan Iran, menunjuk Bank Sentral lagi hanya sedikit lebih dari kosmetik."

Sanksi Trump yang luas adalah bagian dari kampanye A.S. untuk meningkatkan tekanan ekonomi pada Teheran atas program nuklirnya dan ambisi regional dan diperjuangkan oleh mantan penasihat keamanan nasional John Bolton, yang digulingkan bulan ini.

Baca Juga: Balas serangan atas fasilitas minyak, Koalisi Arab Saudi serang Yaman

Sanksi AS sebelumnya juga menargetkan menteri luar negeri Iran, Korps Pengawal Revolusi Islam, badan antariksa, dan berbagai jaringan yang menurut Washington membantu meningkatkan program nuklir Iran, antara lain.

"Terlepas dari upaya transparan untuk menyalahkan, bukti menunjuk ke Iran - dan hanya Iran," kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam sebuah pernyataan setelah pengumuman




TERBARU

[X]
×