kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ayatollah Ali Khamenei merespons keras atas terbunuhnya ilmuwan nuklir Iran


Minggu, 29 November 2020 / 06:38 WIB
Ayatollah Ali Khamenei merespons keras atas terbunuhnya ilmuwan nuklir Iran
ILUSTRASI. Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memberikan ceramah virtual pada peringatan hari lahir Nabi Muhammad, di Teheran, Iran, Selasa (3/11/2020).


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Pemimpin tertinggi Iran berjanji pada hari Sabtu untuk membalas pembunuhan terhadap ilmuwan nuklir top Republik Islam itu, meningkatkan ancaman konfrontasi baru dengan Barat dan Israel di minggu-minggu ini di sisa masa kepresidenan Donald Trump.

Ayatollah Ali Khamenei berjanji untuk melanjutkan pekerjaan Mohsen Fakhrizadeh, yang diyakini oleh pemerintah Barat dan Israel sebagai perancang program senjata nuklir rahasia Iran.

Iran dengan cepat menuduh Israel dibalik pembunuhan terhadap ahli nuklir mereka pada Jumat lalu. Kondisi ini dapat mempersulit upaya apa pun yang dilakukan oleh Presiden terpilih Joe Biden untuk menghidupkan kembali kesepakatan dengan Teheran yang dipalsukan seperti di masa pemerintahan Barack Obama.

Trump menarik Washington keluar dari pakta nuklir internasional 2015 yang disepakati antara Teheran dan negara-negara besar.

Baca Juga: Gejolak politik mereda, Muhyiddin: Malaysia akan gelar pemilu usai pandemi berakhir

Khamenei, yang merupakan otoritas tertinggi Iran dan yang mengatakan negara itu tidak pernah mencari senjata nuklir, mengatakan di Twitter bahwa pejabat Iran harus mengambil tugas mengejar kejahatan ini dan menghukum pelakunya dan mereka yang memerintahkannya.

Fakhrizadeh, yang memiliki sedikit profil publik di Iran tetapi yang disebut Israel sebagai pemain utama dalam apa yang dikatakan sebagai pencarian senjata nuklir Iran, terbunuh pada hari Jumat ketika dia disergap di dekat Teheran dan mobilnya ditembak dengan peluru. Dia dilarikan ke rumah sakit tempat dia meninggal.

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan dalam pertemuan yang disiarkan televisi pada hari Sabtu bahwa Iran akan menanggapi pada waktu yang tepat.

Baca Juga: Rudal bisa terbang 280 km, Menhan Iran: Musuh-mush Iran ketakutan

"Sekali lagi, tangan jahat dari Keangkuhan Global dan tentara bayaran Zionis ternoda dengan darah seorang putra Iran," katanya, menggunakan istilah yang digunakan pejabat untuk menyebut Israel.

Menteri kabinet Israel Tzachi Hanegbi, orang kepercayaan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, mengatakan dia tidak tahu siapa yang melakukan pembunuhan itu. 

“Saya tidak tahu siapa yang melakukannya. Bukannya bibir saya tertutup karena saya yang bertanggung jawab, saya benar-benar tidak tahu, "katanya kepada Meet the Press N12.

Selanjutnya: AS kerahkan kapal induk ke kawasan Teluk, terkait memanasnya tensi Iran-Israel?




TERBARU

[X]
×