kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua Komandan Militer Rusia Tewas saat Kyiv Melancarkan Serangan Bakhmut


Senin, 15 Mei 2023 / 07:53 WIB
Dua Komandan Militer Rusia Tewas saat Kyiv Melancarkan Serangan Bakhmut
ILUSTRASI. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Minggu (14/5/2023) bahwa dua komandan militernya tewas di Ukraina timur. REUTERS/Sofiia Gatilova


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BAKHMUT. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Minggu (14/5/2023) bahwa dua komandan militernya tewas di Ukraina timur. Hal itu terjadi ketika pasukan Kyiv memperbarui upaya untuk menerobos pertahanan Rusia di kota Bakhmut yang tengah berkobar.

Mengutip Reuters, dalam pengarahan harian, Kemenhan Rusia mengatakan bahwa Komandan Vyacheslav Makarov dari Brigade Senapan Bermotor ke-4 dan Wakil Komandan Yevgeny Brovko dari unit terpisah tewas saat mencoba menghalau serangan Ukraina.

Dikatakan bahwa Makarov telah memimpin pasukan dari garis depan, dan bahwa Brovko gugur secara heroik, dengan menderita banyak luka pecahan peluru. Kemenhan Rusia terbilang jarang mengumumkan kematian komando militer dalam pengarahan hariannya.

Ia juga mengatakan, pasukan Ukraina melancarkan serangan di utara dan selatan Bakhmut selama 24 jam terakhir, tetapi mereka tidak berhasil menembus pertahanan Rusia. 

"Semua serangan oleh unit angkatan bersenjata Ukraina telah berhasil dipukul mundur," katanya.

Baca Juga: Mendekati Hari Kemenangan, Rusia Serang Kota-Kota Ukraina dengan Drone dan Rudal

Yevgeny Prigozhin, kepala pasukan tentara bayaran Wagner yang telah mempelopori sebagian besar kemajuan Rusia di Bakhmut, mengatakan pasukannya telah maju hingga 130 meter (400 kaki) selama 24 jam terakhir.

Prigozhin, dalam pernyataan audio di Telegram, mengatakan pasukannya menguasai 28 gedung bertingkat di distrik barat Bakhmut di mana pasukan Ukraina masih beroperasi.

Pasukan Ukraina, katanya, menguasai 20 bangunan dan luas total 1,69 km persegi (0,65 mil persegi).

Reuters tidak dapat memverifikasi akun Rusia tersebut secara independen.

Wakil menteri pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengkonfirmasi pada hari Minggu bahwa pasukan Ukraina terus bergerak maju di sektor Bakhmut di pinggiran kota.

Baca Juga: Serangan Makin Intensif, Rusia Disebut Ingin Rebut Bakhmut pada 9 Mei 2023

"Unit kami merebut lebih dari sepuluh posisi musuh di utara dan selatan Bakhmut dan membuka hutan yang luas di dekat Ivanivske. Tentara musuh dari unit yang berbeda ditangkap," katanya di aplikasi perpesanan Telegram.

Baik pasukan Ukraina maupun Rusia tidak dapat mengambil kendali penuh atas kota itu, meskipun perang selama berbulan-bulan telah menimbulkan kerugian besar di kedua sisi.

Moskow mengakui pada hari Jumat bahwa pasukannya telah mundur ke utara Bakhmut di tengah gelombang serangan Ukraina, tetapi Kyiv telah mengecilkan anggapan bahwa serangan balasan yang telah lama direncanakan secara resmi telah dimulai.




TERBARU

[X]
×