Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pemerintah Korea Selatan tengah menyelidiki kecelakaan tragis yang menimpa pesawat Jeju Air Boeing 737-800 di Bandara Internasional Muan pada 29 Desember 2024.
Tragedi ini menewaskan 179 orang dan menjadi kecelakaan udara paling mematikan di wilayah Korea Selatan.
Baca Juga: Korsel Ajak Damai, Korut Menolak Mentah-Mentah: “Sebuah Salah Perhitungan Besar”
Berikut adalah kronologi menit-menit terakhir penerbangan 7C2216 berdasarkan laporan investigasi awal Kementerian Transportasi Korea Selatan, otoritas pemadam kebakaran, dan pembaruan investigasi terbaru per 19 Juli yang diperoleh Reuters:
- 08:54:43 — Jeju Air 7C2216 menghubungi ATC Bandara Muan untuk pendekatan akhir dan diberi izin mendarat di runway 01 (arah timur laut).
- 08:57:50 — ATC memperingatkan adanya aktivitas burung di sekitar landasan.
- 08:58:11 — Pilot melaporkan melihat kawanan burung di bawah pesawat.
- 08:58:26 — Pesawat membatalkan pendaratan dan mulai melakukan go-around, namun menabrak kawanan burung. Kedua mesin masih menyala namun bergetar. Mesin kanan mengeluarkan api besar dan asap hitam pekat.
- 08:58:45 — Pilot mematikan mesin kiri sesuai prosedur darurat, berdasarkan rekaman kotak hitam (CVR dan FDR).
- 08:58:50 — CVR dan FDR berhenti merekam. Saat itu, pesawat berada di ketinggian 152 meter dengan kecepatan 298 km/jam.
- 08:58:56 — Pilot menyatakan panggilan darurat Mayday akibat bird strike saat go-around.
- 09:00:00 — Pilot meminta izin mendarat dari arah sebaliknya di runway 19.
- 09:01:00 — ATC memberi izin mendarat di runway 19.
- 09:02:00 — Pesawat menyentuh landasan tanpa roda pendarat, mendarat dengan badan pesawat di titik 1.200 meter dari total panjang runway 2.800 meter.
- 09:02:34 — ATC mengaktifkan crash bell ke tim penyelamat bandara.
- 09:02:57 — Pesawat menabrak tanggul di ujung landasan setelah gagal berhenti tepat waktu.
- 09:10:00 — Kementerian Transportasi menerima laporan kecelakaan.
- 09:23:00 — Korban pria pertama berhasil dievakuasi ke fasilitas medis darurat.
- 09:38:00 — Bandara Muan resmi ditutup.
- 09:50:00 — Korban kedua diselamatkan dari bagian ekor pesawat.
Baca Juga: Peringati Perang Korea, Kim Jong Un Bersumpah Menangkan Perang Anti-AS
Investigasi penuh masih berlangsung, termasuk analisa dampak bird strike terhadap sistem pesawat dan alasan berhentinya rekaman data di tengah prosedur darurat.