kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS Pertahankan Kapal Perangnya di Laut Mediterania, Rusia Khawatir


Kamis, 30 Desember 2021 / 23:00 WIB
AS Pertahankan Kapal Perangnya di Laut Mediterania, Rusia Khawatir
ILUSTRASI.


Sumber: Yahoo News | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin telah memerintahkan kelompok penyerang kapal induk Angkatan Laut AS untuk tetap berada di wilayah Laut Mediterania daripada pindah ke Timur Tengah, di tengah kekhawatiran tentang penumpukan ribuan tentara Rusia di dekat perbatasan Ukraina.

Seorang pejabat pertahanan mengatakan Selasa bahwa perubahan jadwal USS Harry S. Truman, dan lima kapal perang Amerika yang menyertainya, mencerminkan perlunya kehadiran yang terus-menerus di Eropa. 

Hal ini diperlukan untuk meyakinkan sekutu dan mitra AS di kawasan itu, kata pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas rincian pengerahan militer.

Baca Juga: Buktikan Dukungan ke Sekutu di Eropa, AS Tempatkan Kapal Induk di Mediterania

AS dan sekutu Barat telah menyaksikan penumpukan pasukan Rusia di dekat perbatasan tumbuh ke puncak sekitar 100.000, memicu kekhawatiran bahwa Moskow sedang bersiap untuk menyerang Ukraina.

Rusia mencaplok Semenanjung Krimea Ukraina pada 2014 dan tak lama setelah itu memberikan dukungannya di belakang pemberontakan separatis di timur negara itu. 

Selama lebih dari tujuh tahun, pertempuran telah menewaskan lebih dari 14.000 orang dan menghancurkan jantung industri Ukraina, yang dikenal sebagai Donbas.

Baca Juga: Rusia: Provokasi NATO Penuh Risiko Besar Berkembang Jadi Konflik Bersenjata

Rusia telah membantah niat meluncurkan invasi baru dan sebaliknya menuduh Ukraina menetas rencana untuk mencoba menggunakan kekuatan untuk merebut kembali kendali atas wilayah yang dikuasai oleh pemberontak yang didukung Moskow. Ukraina telah menolak klaim itu.

Kelompok penyerang Truman mencakup lima kapal AS yakni kapal penjelajah USS San Jacinto dan kapal perusak peluru kendali USS Cole, USS Bainbridge, USS Gravely dan USS Jason Dunham. Juga bersama mereka adalah fregat Angkatan Laut Kerajaan Norwegia HNoMS Fridtjof Nansen.

Truman meninggalkan pelabuhan asalnya di Norfolk, Virginia, pada 1 Desember, dan memasuki Laut Mediterania pada 14 Desember. Itu telah dijadwalkan untuk melanjutkan ke wilayah Teluk.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×