kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketua partai oposisi Taiwan tidak terburu-buru bertemu Xi Jinping


Selasa, 02 Maret 2021 / 16:50 WIB
Ketua partai oposisi Taiwan tidak terburu-buru bertemu Xi Jinping
ILUSTRASI. Ketua partai oposisi Taiwan tidak terburu-buru bertemu Xi Jinping


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TAIPEI. Pemimpin partai oposisi utama Taiwan Kuomintang (KMT) mengatakan pada hari Selasa bahwa dia tidak terburu-buru melakukan perjalanan ke China untuk bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping, dan bahwa proposal Beijing untuk membuat Taiwan menerima pemerintahan Komunis tidak memiliki tempat di pulau itu.

KMT memerintah China daratan sebelum mundur ke Taiwan pada akhir perang saudara dengan Komunis pada tahun 1949. Sementara hubungan di Selat Taiwan telah meningkat secara dramatis dalam tiga dekade terakhir, Beijing terus mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri.

KMT kalah dalam pemilihan presiden dan parlemen tahun lalu, tidak mampu menghilangkan tuduhan dari Partai Progresif Demokratik yang berkuasa bahwa mereka adalah antek Beijing.

Johnny Chiang, terpilih sebagai pemimpin setelah kekalahan partai tersebut, mengatakan kepada Reuters bahwa dia tidak terburu-buru untuk mengikuti jejak pendahulunya dan mengunjungi Beijing untuk bertemu musuh lama Partai Komunis, dan pemimpinnya Xi.

Baca Juga: Dianggap pro-China, Taiwan tolak perpanjang izin saluran televisi berita CTi

“Kita bisa menunggu, untuk waktu yang lebih baik. Tidak ada desakan untuk itu. Ini bukan hanya pertemuan untuk kepentingan pertemuan, tetapi juga harus bermakna, penuh hormat, "katanya di kantor pusat partai di Taipei pusat, menambahkan pandemi juga mempersulit perjalanan sekarang.

“Waktunya harus tepat, tetapi yang lebih penting perlu ada prasyarat kesetaraan dan martabat, dan itu harus bermanfaat bagi Taiwan,” ujarnya seperti dilansir Reuters, Selasa (2/3).

Chiang mengatakan mereka menjaga kontak rutin dengan Partai Komunis, tetapi tidak ada komunikasi tingkat tinggi.

Xi bertemu dengan Presiden Ma Ying-jeou di Singapura pada tahun 2015 dalam sebuah pertemuan penting, tak lama sebelum Presiden saat ini Tsai Ing-wen pertama kali memenangkan kekuasaan. Pertemuan itu dibuat sebagai pertemuan antara pimpinan Partai Komunis dan KMT, bukan pertemuan antara kepala negara.

Tapi kepercayaan politik telah runtuh ​​sejak itu, dengan masalah kecil berubah menjadi pertandingan slanging antara Taipei dan Beijing, kata Chiang.

Dia menghadapi perjuangan berat untuk memenangkan kembali dukungan pemilih pada saat tekanan China terhadap Taiwan tak henti-hentinya dan banyak pemilih memandang KMT, yang namanya secara harfiah diterjemahkan sebagai Partai Nasionalis China, sebagai bukan orang Taiwan.

Baca Juga: Keras soal Hong Kong tapi diam soal demo di Amerika, presiden Taiwan dicemooh




TERBARU

[X]
×