CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.386.000   -14.000   -1,00%
  • USD/IDR 16.295
  • IDX 7.288   47,89   0,66%
  • KOMPAS100 1.141   4,85   0,43%
  • LQ45 920   4,23   0,46%
  • ISSI 218   1,27   0,58%
  • IDX30 460   1,81   0,40%
  • IDXHIDIV20 553   3,30   0,60%
  • IDX80 128   0,57   0,44%
  • IDXV30 130   1,52   1,18%
  • IDXQ30 155   0,78   0,50%

Laut China Selatan Memanas, Filipina Serukan Pengusiran Diplomat China


Minggu, 12 Mei 2024 / 05:28 WIB
Laut China Selatan Memanas, Filipina Serukan Pengusiran Diplomat China
ILUSTRASI. Penasihat keamanan nasional Filipina pada Jumat (10/5/224) menyerukan agar diplomat China diusir dari negara Filipina.


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MANILA. Penasihat keamanan nasional Filipina pada Jumat (10/5/224) menyerukan agar diplomat China diusir atas dugaan kebocoran percakapan telepon dengan seorang laksamana Filipina seiring memanasnya situasi di Laut China Selatan.

Mengutip Reuters, Kedutaan Besar China di Manila telah mengatur tindakan berulang-ulang untuk melibatkan dan menyebarkan disinformasi, misinformasi, dan malinformasi, dengan tujuan menyebarkan perselisihan dan perpecahan, dan perpecahan. 

"Tindakan tersebut tidak boleh dibiarkan tanpa sanksi serius”, kata Penasihat Keamanan Nasional Filipina Eduardo Ano dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian menyebut pernyataan Ano tersebut provokatif. Dia mengatakan diplomat Tiongkok di Filipina harus diizinkan melakukan tugasnya.

“China dengan sungguh-sungguh meminta pihak Filipina untuk secara efektif menjaga pelaksanaan tugas normal personel diplomatik China, berhenti melakukan pelanggaran dan memprovokasi, dan menahan diri untuk menyangkal fakta,” kata Lin pada konferensi pers rutin di Beijing.

Pernyataan Ano mengacu pada laporan berita minggu ini tentang dugaan kebocoran panggilan telepon antara diplomat China dengan laksamana Filipina yang membahas perselisihan di Laut China Selatan, yang memuat transkrip yang menunjukkan laksamana tersebut menyetujui konsesi dengan Tiongkok.

Menurut transkrip yang diterbitkan oleh Manila Times, laksamana tersebut menyetujui usulan Tiongkok mengenai "model baru", di mana Filipina akan menggunakan lebih sedikit kapal dalam memberikan pasokan ke marinir yang ditempatkan di kapal perang yang dilarang terbang di Second Thomas Shoal yang disengketakan, dan memberi tahu Beijing tentang misi sebelumnya.

Baca Juga: Militer China Klaim Berhasil Mengusir Kapal Perusak AS di Laut China Selatan

Reuters belum mendengar percakapan telepon yang dilaporkan dan tidak dapat memverifikasi isi transkrip yang dipublikasikan. Laporan itu mengatakan percakapan itu terjadi pada bulan Januari dan transkripnya diberikan oleh "pejabat tinggi Tiongkok", yang tidak disebutkan namanya.

Ano mengatakan dia mendukung seruan menteri pertahanan agar kementerian luar negeri mengambil tindakan yang tepat terhadap pejabat kedutaan, yang dia klaim merekam percakapan telepon yang diduga melanggar hukum Filipina, termasuk tindakan anti-penyadapan, serta pelanggaran serius terhadap protokol diplomatik. 

“Orang-orang di kedutaan Tiongkok… dan mereka yang bertanggung jawab atas pengaruh jahat dan operasi campur tangan ini harus segera disingkirkan dari negara ini,” katanya.

Pada hari Rabu, juru bicara Tiongkok Lin mengatakan kedutaan besar di Manila telah merilis rincian tentang “komunikasi yang relevan” antara kedua negara mengenai penanganan situasi di Second Thomas Shoal.

Lin, dalam komentar yang dibagikan oleh kedutaan, tidak merinci rincian atau komunikasi apa yang dirilis, atau kapan, namun mengatakan faktanya jelas dan didukung oleh bukti kuat yang tidak dapat disangkal.

Baca Juga: Tak Kerahkan Meriam Air, Filipina Tak Mau Tingkatkan Ketegangan di Laut China Selatan

“Filipina bersikeras menyangkal fakta obyektif ini dan berusaha menyesatkan komunitas internasional,” tambah Lin.




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligence with Ms Excel Sales for Non-Sales (Sales for Non-Sales Bukan Orang Sales, Bisa Menjual?)

[X]
×