kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Perang Dagang, Joe Biden Cabut 8 Lisensi untuk Huawei China di 2024


Rabu, 03 Juli 2024 / 10:02 WIB
Perang Dagang, Joe Biden Cabut 8 Lisensi untuk Huawei China di 2024
ILUSTRASI. Pemerintahan Biden telah mencabut delapan lisensi tahun ini yang memungkinkan beberapa perusahaan untuk mengirimkan barang ke perusahaan telekomunikasi raksasa China, Huawei. REUTERS/Elizabeth Frantz 


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Berasarkan dokumen yang pertama kali dilaporkan oleh Reuters, Pemerintahan Biden telah mencabut delapan lisensi tahun ini yang memungkinkan beberapa perusahaan untuk mengirimkan barang ke perusahaan telekomunikasi raksasa China, Huawei.

Mengutip Reuters, Departemen Perdagangan AS, yang mengawasi kebijakan ekspor AS, mengatakan pada bulan Mei bahwa mereka telah mencabut lisensi "tertentu". Akan tetapi tidak menyebutkan nama atau jumlah pemasok yang terkena dampak. 

Reuters juga melaporkan, lisensi untuk Qualcomm dan Intel termasuk di antara mereka yang dicabut.

"Sejak awal 2024, (Departemen Perdagangan) telah mencabut delapan lisensi tambahan yang melibatkan Huawei," kata Departemen Perdagangan AS dalam dokumen tersebut. 

Informasi saja, dokumen itu disiapkan sebagai tanggapan atas pertanyaan dari anggota Kongres dari Partai Republik Michael McCaul.

Menurut dokumen tersebut, persetujuan lisensi untuk Huawei termasuk peralatan olahraga dan perabot kantor serta komponen teknologi rendah untuk barang-barang pasar massal konsumen, seperti touchpad dan sensor layar sentuh untuk tablet, yang tersedia secara luas di China dari sumber-sumber China dan asing.

Baca Juga: Aksi China Membalas AS dan Eropa, Luncurkan Penyelidikan Anti-dumping Plastik

Huawei dan Qualcomm tidak menanggapi permintaan komentar yang dilayangkan Reuters. Intel juga menolak berkomentar. 

Seorang juru bicara Komite Urusan Luar Negeri DPR, yang diketuai oleh McCaul, mengatakan bahwa mereka telah menerima data tersebut pada hari Selasa dan sedang memeriksanya.

Rincian tersebut memberikan informasi baru pada langkah-langkah yang diambil pemerintahan Biden untuk menggagalkan Huawei. 

Pasalnya, Huawei dinilai mulai pulih kembali meskipun ada upaya Washington untuk melumpuhkan bisnisnya dengan alasan keamanan nasional. Huawei membantah bisnisnya menimbulkan risiko keamanan.

Baca Juga: China Kian Gencar Lakukan Dedolarisasi, Ini Salah Satu Buktinya

Huawei berhasil mengejutkan industri pada bulan Agustus lalu melalui ponsel baru yang ditenagai oleh chip canggih yang diproduksi oleh produsen chip China, SMIC, meskipun ada larangan ekspor AS terhadap kedua perusahaan tersebut.




TERBARU

[X]
×