kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,25   -3,11   -0.33%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uni Eropa pastikan masker untuk cegah COVID-19 tidak menimbulkan risiko kanker


Selasa, 09 November 2021 / 12:48 WIB
Uni Eropa pastikan masker untuk cegah COVID-19 tidak menimbulkan risiko kanker
ILUSTRASI. Warga memakai masker pelindung berjalan di sepanjang The Bund di depan distrik keuangan Lujiazui Pudong, Shanghai, China, Rabu (25/8/2021).


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - BRUSSELS. Uni Eropa (UE) memastikan, tidak ada bukti konklusif tentang risiko kanker dari menggunakan masker wajah sintetis. Mereka terus mendesak semua orang tetap tertib menggunakan masker selama masa pandemi Covid-19.

Pernyataan UE ini merupakan respons atas laporan badan kesehatan masyarakat Belgia, Sciensano pada Oktober lalu yang menyebutkan, ada kandungan titanium dioksida (TiO2) pada masker sintetis.

Dilansir dari Reuters, zat TiO2 umumnya digunakan sebagai pewarna putih dan bahan anyaman dalam masker dan produk tekstil, serta tabir surya, cat, juga produk makanan seperti sup dan permen karet.

Temuan awal Sciensano mengatakan, ada risiko kesehatan pada jenis masker yang mereka periksa. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. Mereka merekomendasikan agar penggunaan titanium dioksida dalam masker dibatasi sampai ada bukti konklusif.

Baca Juga: FAO: Harga pangan global saat ini ada di level tertinggi dalam satu dekade

Kepada Reuters, Joris Van Loco, salah satu penulis laporan tersebut, mengatakan, partikel TiO2 ditemukan di sebagian besar masker yang umum digunakan, termasuk model tekstil yang bisa digunakan kembali dan sekali pakai, masker bedah, juga respirator FFP.

Menanggapi laporan tersebut, Menteri Kesehatan Belgia Frank Vandenbroucke meminta masyarakat untuk terus menggunakan masker karena tidak ada bukti bahwa produk itu menimbulkan risiko kesehatan yang serius.

Vandenbroucke juga menyatakan, Pemerintah Belgia akan meminta semua produsen masker untuk membuktikan keberadaan titanium dioksida dalam produk mereka.

Saat ini, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC), yang ada di bawah WHO, memang mencantumkan titanium dioksida sebagai kemungkinan karsinogen.

Baca Juga: WHO: Sekali lagi, Eropa jadi pusat pandemi Covid-19




TERBARU

[X]
×