kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.929.000   -4.000   -0,21%
  • USD/IDR 16.274   -99,00   -0,60%
  • IDX 7.927   68,06   0,87%
  • KOMPAS100 1.113   9,98   0,90%
  • LQ45 829   6,70   0,81%
  • ISSI 265   0,63   0,24%
  • IDX30 429   3,15   0,74%
  • IDXHIDIV20 497   3,62   0,73%
  • IDX80 125   1,07   0,86%
  • IDXV30 133   1,90   1,45%
  • IDXQ30 139   1,18   0,85%

Kongsi Toyota-Daihatsu menggarap pasar Asia


Rabu, 05 Oktober 2016 / 12:44 WIB
Kongsi Toyota-Daihatsu menggarap pasar Asia


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Yudho Winarto

TOKYO. Toyota Motor Corp berambisi memperbesar pangsa pasar di negara berkembang di kawasan Asia. Demi memenuhi ambisi ini, Toyota menggandeng anak usahanya Daihatsu.

Nantinya, perusahaan hasil kongsi internal ini memiliki misi untuk mengembangkan dan memasarkan mobil mini (compact) di emerging markets. "Perusahaan baru ini akan menjadi unit usaha Toyota yang berdiri pada Januari  2017," tulis manajemen Toyota, seperti dilansir Reuters, Selasa (4/10).

Daihatsu akan bertanggung jawab di perusahaan baru tersebut. Daihatsu akan memimpin operasional di bidang pengembangan, pengadaan barang dan persiapan produksi.

Setelah resmi berdiri, unit usaha baru itu bakal menggunakan pabrik Toyota dan Daihatsu yang sudah ada. Yang jelas, unit usaha baru ini juga membidik pasar Vietnam, India dan Pakistan.

Executive Vice President Toyota Shigeki Terashi mengatakan, pihaknya akan mengadopsi keunggulan Daihatsu di unit usaha baru. Ini merupakan bagian dari upaya Toyota untuk menjadikan Daihatsu sebagai penguasa pasar global di segmen mobil kompak entry-level.

Gambaran saja, saat ini Daihatsu menguasai sekitar 16% dari total pasar mobil penumpang di Indonesia. Di Indonesia, Daihatsu memproduksi Ayla dan sederet merek mobil lain di bawah payung kerjasama dengan PT Astra International Tbk.

Sementara di Malaysia, Daihatsu mengoperasikan joint venture yang mampu menguasai pangsa pasar mobil hingga 32,5%.




TERBARU
Kontan Academy
[Intensive Workshop] AI-Powered Scenario Analysis Procurement Strategies for Competitive Advantage (PSCA)

[X]
×