kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Redam PayPal, Bank Sentral Eropa luncurkan sistem pembayaran baru


Minggu, 02 Desember 2018 / 20:16 WIB
Redam PayPal, Bank Sentral Eropa luncurkan sistem pembayaran baru
ILUSTRASI. Logo PayPal


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) pada Jumat (30/11) lalu meluncurkan sistem baru yang bertujuan untuk memudahkan bank menyelesaikan pembayaran secara instan di seluruh Eropa.

Lewat cara ini, ECB menilai bank dapat bersaing dengan perusahaan pembayaran PayPal dan raksasa teknologi digital di pasar global lainnya.

Mengutip Reuters, sistem ini dikembangkan dalam waktu lebih dari satu tahun. Sistem yang bertajuk TARGET Instant Payment Settlement (TIPS) ini bakal memungkinkan setiap individu maupun perusahaan di Eropa mentransfer uang dalam bentuk Euro dalam hitungan detik, terlepas dari jam buka bank lokal mereka

Hal ini dilakukan ECB, lantaran sejumlah perusahaan besar Amerika Serikat seperti PayPal, Google, Facebook dan Amazon ditambah perusahaan China seperti Alibaba dan Tencent ini tengah mendominasi layanan pembayaran instan di Eropa.

Fakta tersebut tentu membuat para regulator di Eropa khawatir, apalagi sebelumnya sempat ramai serangkaian serangan siber pada infrastruktur keuangan. Ditambah kerasnya hubungan diplomatis Eropa dengan Presiden AS Donald Trump.

Namun, sejauh ini tercatat hanya delapan bank menengah dan kecil dari Spanyol, Jerman dan Perancis yang sudah mendaftar ke sistem tersebut. "Kami perlu mengatasi belum tertariknya pemain utama Eropa di pasar pembayaran," kata Direktur ECB Yves Mersch yang mengumumkan peluncuran TIPS di Frascati, Italia.

Ia menegaskan, apabila yang menjadi masalah adalah dari sisi kapasitas investasi, maka Bank Sentral tidak perlu menghindar untuk menggali dan mencari sumber daya dan volume untuk menciptakan pemain yang lebih besar.

Seorang juru bicara PayPal dalam Reuters mengatakan, perusahaannya menyambut baik peluncuran TIPS. Malah, PayPal menilai hal ini bisa mendorong kolaborasi yang lebih luas di industri pembayaran.

Namun, upaya-upaya ECB yang serupa untuk meredam persaingan di pasar pembayaran tak selalu berjalan baik.

Menurutnya, platformnya belum mencapai volume yang diharapkan untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan. Hal ini praktis membuat ECB harus untuk menaikkan biaya yang cukup besar bagi pengguna sistem.

Adapun, pembayaran pertama melalui TIPS terjadi pada hari Jumat antara pelanggan Caixa Bank Spanyol dan salah satu bank Prancis Natixis.

Saat ini hanya BBVA asal Spanyol raksasa perbankan Eropa yang bergabung saat ini. Sementara peserta lainnya adalah Abanca Corporacion Bancaria dari Spanyol, Banco de Crédito Social Cooperativo dan Caja Laboral Popular Cooperativa de Crédito, serta Jerman Berlin Hyp dan Teambank.

Dalam keterangannya, ECB menyebut pembayaran menggunakan sistem hanya memerlukan waktu 10 detik atau kurang. Dengan beban atau tarif sebesar seperlima dari satu sen Euro atau 0,002 Euro.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×