kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45775,90   0,60   0.08%
  • EMAS934.000 0,32%
  • RD.SAHAM 0.24%
  • RD.CAMPURAN 0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Terpopuler Internasional: Keputusan AS biadab | Rusia bikin pesawat pembom siluman


Sabtu, 30 Mei 2020 / 10:28 WIB
Terpopuler Internasional: Keputusan AS biadab | Rusia bikin pesawat pembom siluman
ILUSTRASI. Pengunjuk rasa anti pemerintah bereaksi saat polisi anti kerusuhan menembakkan gas airmata untuk membubarkan mereka yang menolak rencana Beijing memberlakukan UU Keamanan Nasional di Hong Kong, China, Minggu (24/5/2020).

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Antusiasme pembaca mengikuti perkembangan berita internasional tetap tinggi, kemarin Jumat, 29 Mei 2020. Beberapa berita internasional di Kontan.co.id tercatat tetap mendapat kunjungan tinggi.

Nah, dari banyak berita internasional, sebagian di antaranya sangat populer bagi pembaca dalam kurun waktu sehari kemarin. Minat pembaca berita internasional tersebar dari berita China: Keputusan AS atas Hong Kong adalah tindakan paling biadab hingga artikel Saingi Amerika, Rusia bikin pesawat pembom siluman.

Jika Anda melewatkan berita-berita internasional terpopuler tersebut, berikut ini sebagian di antaranya. Siapa tahu bisa menambah wawasan dan manfaat.

China: Keputusan AS atas Hong Kong adalah tindakan paling biadab

China mengatakan, keputusan Amerika Serikat (AS) mencabut status khusus Hong Kong atas kekhawatiran kebebasan yang terkekang adalah tindakan "paling biadab".

"Ini yang paling biadab, paling tidak masuk akal, dan paling tidak tahu malu," kata Kantor Kementerian Luar Negeri China di Hong Kong, Kamis (28/5), seperti dikutip Channelnewsasia.com.

Artikel Selengkapnya: China: Keputusan AS atas Hong Kong adalah tindakan paling biadab

Kian mencekam, kapal perang rudal AS kembali tantang Tiongkok di Laut China Selatan

Angkatan Laut AS sekali lagi menantang klaim China di Laut Cina Selatan, pada Kamis (29/5/2020). AS mengirim kapal perusak yang disenjatai rudal yang dipandu Arleigh Burke, USS Mustin di dekat Kepulauan Paracel.

Melansir CNN, Angkatan Laut AS telah dua kali mengirim kapal perang dalam upaya yang sama untuk menantang klaim China ke pulau Paracel dan Spratly pada bulan lalu dan melakukan operasi serupa di dekat Paracels pada bulan Maret.

Artikel Selengkapnya: Kian mencekam, kapal perang rudal AS kembali tantang Tiongkok di Laut China Selatan

Mengenal Poseidon, senjata nuklir hari kiamat milik Rusia

Rusia berencana untuk menguji kapal selam tak berawak berhulu ledak nuklir di perairan Kutub Utara musim gugur ini, satu tahun setelah kecelakaan rudal bertenaga nuklir yang fatal menyebabkan lonjakan radiasi di kota terdekat.

Drone bawah air bernama Poseidon yang bertenaga nuklir akan menjalani uji coba dan meluncur dari kapal selam Belgorod, sumber industri pertahanan Rusia yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada kantor berita RIA Novosti, Selasa (26/5), seperti dilansir Moscow Times.

Artikel Selengkapnya: Mengenal Poseidon, senjata nuklir hari kiamat milik Rusia

Politik Malaysia bergejolak, Mahathir dipecat dari Partai Bersatu

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan empat anggota parlemen lainnya dipecat dari Partai Pribumi Bersatu pada Kamis (28/5).

Melansir Channelnewsasia.com, dalam surat yang ditujukan kepada Mahathir, Sekretaris Eksekutif Bersatu Muhammad Suhaimi Yahya mengatakan, Mahathir dipecat karena melanggar Pasal 10.2.2 dan 10.2.3 konstitusi partai.

Artikel Selengkapnya: Politik Malaysia bergejolak, Mahathir dipecat dari Partai Bersatu

AS dan China bentrok di PBB gara-gara soal RUU keamanan Hong Kong

Amerika Serikat (AS) dan China bentrok di markas Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) saat membahas isu Hong Kong pada Rabu (27/5). Bentrokan terjadi setelah China menolak permintaan AS untuk menggelar rapat Dewan Keamanan PBB guna membahas rancangan undang-undang (RUU) keamanan nasional bagi Hong Kong.

Misi AS untuk PBB dalam pernyataannya seperti dikutip Reuters, Kamis (28/5) menyebut bahwa isu itu merupakan keprihatinan global yang mendesak yang berimplikasi pada perdamaian dan keamanan internasional. Oleh karena itu, menurutnya, perlu segera ada perhatian dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB.

Artikel Selengkapnya: AS dan China bentrok di PBB gara-gara soal RUU keamanan Hong Kong

4 pesan Xi Jinping yang bikin masyarakat China tenang di masa sulit

Presiden Tiongkok Xi Jinping memberikan pesan yang membuat tenang warganya pada saat-saat sulit dan penuh dengan ketidakpastian. Melansir Xinhua, Xi berbicara tentang berbagai topik dalam "dua sesi" tahun ini, yang ditutup pada hari Kamis (28/5/2020) kemarin.

Dua sesi tersebut adalah pertemuan tahunan Kongres Rakyat Nasional (NPC) dan Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok (CPPCC).

Artikel Selengkapnya: 4 pesan Xi Jinping yang bikin masyarakat China tenang di masa sulit

Menegangkan, China usir kapal perang AS bersenjata rudal dari Laut China Selatan

Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) pada hari Kamis (28/5) mengusir kapal perang Amerika Serikat (AS) yang masuk tanpa izin ke perairan teritorial China di lepas pantai Kepulauan Xisha di Laut China Selatan.

Juru Bicara militer China, Kolonel Senior Li Huamin, menyatakan, operasi militer AS di tengah pandemi corona, menunjukkan bahwa Uwak Sam merupakan sumber yang menyabotase perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan.

Artikel Selengkapnya: Menegangkan, China usir kapal perang AS bersenjata rudal dari Laut China Selatan

Keputusan besar Amerika: Hong Kong bukan lagi daerah otonomi China

Hong Kong kini mendapat pukulan keras dari Amerika. Pemerintahan Trump menginformasikan kepada Kongres AS pada hari Rabu (27/5/2020) bahwa negara kota itu bukan lagi daerah otonom dari China.

Melansir South China Morning Post, penilaian ini merupakan langkah penting AS dalam memutuskan apakah Hong Kong akan terus menerima perlakuan ekonomi dan perdagangan istimewa dari Washington.

Artikel Selengkapnya: Keputusan besar Amerika: Hong Kong bukan lagi daerah otonomi China

10.000 tentara China dikabarkan menerebos wilayah India dan bangun pertahanan

Ada hampir 10.000 tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) menerobos masuk ke wilayah India. China juga dikabarkan menolak permintaan India untuk melakukan pertemuan untuk menyelesaikan situasi tersebut

Surat kabar lokal melaporkan, situasi yang paling mengkhawatirkan adalah di lembah Galwan,. dimana PLA telah melintasi garis klaim China sendiri dan menerobos masuk 3-4 kilometer ke wilayah India.

Artikel Selengkapnya: 10.000 tentara China dikabarkan menerebos wilayah India dan bangun pertahanan

Saingi Amerika, Rusia bikin pesawat pembom siluman

Rusia mulai membuat prototipe pesawat pembom siluman strategis pertamanya, ketika negeri beruang merah terus maju dengan modernisasi peralatan militernya.

Mengutip sumber-sumber industri pertahanan, kantor berita TASS, Rabu (27/5), melaporkan, United Aircraft Corporation milik Pemerintah Rusia mengawasi proyek tersebut.

Artikel Selengkapnya: Saingi Amerika, Rusia bikin pesawat pembom siluman




TERBARU

[X]
×