kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.409.000   -2.000   -0,14%
  • USD/IDR 15.435   -30,00   -0,19%
  • IDX 7.798   37,20   0,48%
  • KOMPAS100 1.185   9,64   0,82%
  • LQ45 958   6,85   0,72%
  • ISSI 226   2,67   1,19%
  • IDX30 488   3,53   0,73%
  • IDXHIDIV20 589   4,06   0,69%
  • IDX80 134   1,16   0,87%
  • IDXV30 140   2,67   1,94%
  • IDXQ30 163   1,24   0,77%

Kongo Menjadi Episentrum Wabah Mpox Dunia


Rabu, 21 Agustus 2024 / 06:06 WIB
Kongo Menjadi Episentrum Wabah Mpox Dunia
ILUSTRASI. Wabah mpox pada minggu lalu dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai darurat kesehatan masyarakat global. NIAID/Handout via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - KAMP KANYARUTSHINYA. Ini cerita mengenai bagaimana wabah mpox menyerang kelompok yang paling rentan di Afrika. 

Melansir Reuters, Justine Munguiko tidak dapat mengingat nama penyakit yang telah diperingatkan kepadanya. Ia hanya tahu bahwa bayinya, Fidele, memiliki luka yang menyakitkan seperti yang diderita oleh anak-anak lain di kamp pengungsian dekat kota Goma di Kongo timur.

Republik Demokratik Kongo adalah episentrum wabah mpox yang minggu lalu dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai darurat kesehatan masyarakat global. 

Komunitas seperti Munguiko termasuk yang paling rentan dan membutuhkan dukungan.

Dia dan ibu-ibu lain di kamp tersebut memutuskan untuk merawat anak-anak mereka dengan cara tradisional untuk mengatasi demam dan ruam: mencuci mereka dengan air garam mendidih dan menggosok kulit mereka dengan daun lembut tanaman Kitamatama. 

"Penyakit kulit ini, entah dari mana asalnya... Kami diberi tahu penyakit ini muncul setelah makan daging hewan liar, tetapi baik saya maupun anak saya tidak pernah makan daging hewan liar," kata wanita berusia 24 tahun itu, setelah mencoba menenangkan bayinya yang menangis. 

Baca Juga: Sudah Darurat Global, Indonesia Mencegat Penyebaran Virus Cacar Monyet

Bayinya memiliki luka berkerak di pergelangan tangan dan kakinya.

Ketika masyarakat internasional berjuang untuk mendapatkan cukup vaksin, pengalaman Munguiko menyoroti banyaknya pekerjaan yang diperlukan untuk memastikan orang-orang yang paling rentan memiliki pengetahuan dan sumber daya untuk melindungi diri mereka dari infeksi virus yang biasanya ringan, tetapi dapat mematikan.

Menurut Ebere Okereke, rekan peneliti di Program Kesehatan Global Chatham House, berkomunikasi dengan orang-orang tentang apa yang harus mereka lakukan sangat penting.

"Kita perlu menyampaikan informasi yang tepat kepada orang-orang yang berisiko langsung," katanya kepada Reuters.

Ada sekitar 27.000 kasus dan lebih dari 1.100 kematian, terutama di kalangan anak-anak, di Kongo sejak wabah ini dimulai pada Januari 2023. Virus ini juga telah menyebar ke negara-negara tetangga.

Di kamp Kanyarutshinya pada hari Senin, warga berkumpul di area terbuka di antara deretan tenda untuk mendengar seorang petugas kesehatan dari organisasi bantuan Medair menjelaskan cara menghindari infeksi. 

Baca Juga: Waspada! Begini Cara Menyebarnya Penyakit Cacar Monyet

Mereka menerima selebaran berwarna-warni dengan gambar yang menunjukkan risiko kontak dekat dengan hewan atau orang yang terinfeksi.

Sementara itu, menurut Helen Rees, salah satu ketua tim manajemen insiden mpox Afrika Selatan, tantangan di Kongo dan negara-negara Afrika lainnya diperparah oleh kurangnya dana untuk penelitian.

"Secara global, kita masih belum memiliki pemahaman yang baik tentang wabah mpox... bagaimana penyebarannya, berapa banyak kasus tanpa gejala yang kita miliki untuk setiap kasus yang kita temukan dengan gejala," katanya kepada Reuters.

Mereka yang berada di lapangan juga ingin tahu lebih banyak. Warga kamp Bizimungu Habimana, 46 tahun, memeriksa selebaran itu dengan saksama setelah presentasi Medair.

"Kami pikir tidak ada obat atau penyembuhan untuk penyakit ini. Saya sangat senang mendengar penyakit ini dapat disembuhkan," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024) Mudah Menagih Hutang

[X]
×