kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saling klaim menang saat pilpres, Dunia lihat perpecahan internal di Amerika Serikat


Jumat, 06 November 2020 / 16:12 WIB
Saling klaim menang saat pilpres, Dunia lihat perpecahan internal di Amerika Serikat
ILUSTRASI. Ilustrasi pemilihan presiden AS. REUTERS/Daniel Acker TPX IMAGES OF THE DAY


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Euforia pemilihan presiden Amerika Serikat meluas ke seluruh penjuru dunia. Jelang berakhirnya pemilu, orang-orang di luar negeri Paman Sam menyesali polarisasi dan disfungsi dalam pesta demokrasi negara adidaya itu.

Mengutip The Washington Post pada Jumat (6/11, jalan Joe Biden ke Gedung Putih semakin jelas dan terang. Namun masyarakat dunia telah dikejutkan dengan klaim kemenangan Presiden Trump yang terlalu dini sebelum pengumuman hasil pilpres.

Calon presiden petahana itu juga telah menuduh lawannya melakukan penipuan. Trump juga telah menyampaikan ancaman gugatan hukum saat penghitungan suara mendekati kesimpulan.

Dunia melihat Trump telah berupaya merusak kepercayaan pada proses demokrasi. Ini juga merefleksikan terjadinya perpecahan mendalam yang akan merugikan Amerika Serikat.

Baca Juga: Ahli hukum: Gugatan Trump tak akan mengubah hasil pemilihan AS

Setelah Trump secara keliru menyatakan kemenangan sebelum penghitungan suara pada malam pemilihan, dia menghabiskan sebagian besar waktu pada hari Rabu dan Kamis untuk menyebarkan tuduhan kecurangan pemilu tanpa bukti. Kampanyenya sejak itu mengumumkan tantangan hukum untuk menentukan suara mana yang akan dihitung.

Dalam sebuah pernyataan Kamis malam di Gedung Putih, Trump kembali mengklaim tanpa bukti bahwa dia telah ditipu dan melontarkan tuduhan yang tidak berdasar tentang kecurangan yang meluas. Pernyataan ini mengancam kredibilitas praktik demokrasi Amerika.

"Bagi presiden untuk menyerukan pengecualian sejumlah besar suara yang dikirim melalui surat yang telah diserahkan secara adil tanpa menghitungnya adalah keterlaluan," tulis Asahi Shimbun dari Jepang dalam sebuah editorial.

Terlepas dari hasilnya, Asahi Shimbun mengatakan pemilu tersebut mengungkap semakin meluasnya perpecahan dalam masyarakat Amerika. Baik perselisihan berdasarkan ras, agama, maupun antar wilayah.

"Seolah-olah Amerika Serikat saat ini terdiri dari dua negara yang sama sekali berbeda. Seluruh dunia, termasuk Jepang, menggunakan peniti sampai menjadi jelas yang mana dari dua Amerika ini yang memenangkan kontes tahun 2020,” kata halaman depan kolom Vox Populi, yang ditulis oleh wartawan senior.

Surat kabar Guardian yang berhaluan kiri di Inggris bahkan lebih pedas, merefleksikan dalam editorial tentang kelemahan mendalam dalam demokrasi Amerika. 

Tapi itu juga melukiskan gambaran suram jalan di depan, menunjukkan bahwa kemungkinan Gedung Putih yang dikendalikan Demokrat dan Senat Republik menyebabkan lebih banyak kemacetan dan kesengsaraan.

Dengan Joe Biden mempersempit keunggulan Trump di Georgia dan Pennsylvania, dan mempertahankan keunggulan tipis di Nevada dan Arizona, banyak pakar percaya dia memiliki jalan yang lebih mudah ke Gedung Putih daripada Trump.

Baca Juga: Bisakah Trump dihukum jika menolak menerima kekalahan Pilpres AS?

Tetapi para pemimpin Asia pada hari Jumat tidak cenderung mempertimbangkan penilaian mereka karena tidak ada pemenang yang jelas atau keputusan pengadilan tentang tantangan hukum. 
Surat kabar Yomiuri Jepang mengutip sumber pemerintah anonim yang mengatakan Tokyo tidak terburu-buru untuk mengirim pesan ucapan selamat ke kedua sisi.

Pada saat yang sama di Jepang, di mana ketegasan militer China yang meningkat telah meningkatnya kekhawatiran tentang keandalan Amerika sebagai sekutu mencengkeram media sosial.

“Saya pikir sudah waktunya bagi Jepang untuk memperkuat kemampuan pertahanan yang tidak bergantung pada Amerika,” baca satu komentar populer dari seorang pengguna twitter.

"Yang pasti, itu akan tergantung pada presiden, kebijakan apa yang akan diambil terhadap Jepang, tetapi sudah waktunya bagi Jepang untuk memperkuat kekuatan perdagangan dan kekuatan militernya sendiri dan berhenti bergantung pada Amerika," kata yang lain.

Selanjutnya: Joe Biden: Karier politik, pernikahan pertama, dan kecelakaan tragis




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×