Sumber: CNA | Editor: Tri Sulistiowati
KONTAN.CO.ID - SEOUL. Kedua mesin pesawat Jeju Air yang jatuh bulan lalu berisi sisa-sisa bebek, menurut laporan awal pada hari Senin (27 Januari), sementara pihak berwenang masih berusaha menentukan apa yang menjadi penyebab kecelakaan Jeju Air.
Laporan enam halaman yang dirilis oleh pihak berwenang Korea Selatan sebulan setelah kecelakaan tersebut mengatakan bahwa kedua mesin jet Boeing 737-800 berisi DNA dari Baikal Teals, sejenis bebek migrasi yang terbang ke Korea Selatan untuk menghabiskan musim dingin dalam kawanan besar.
Namun, laporan itu tidak memberikan kesimpulan awal tentang hal yang mungkin menyebabkan pesawat mendarat tanpa roda pendaratan yang terpasang, dan mengapa perekam data penerbangan berhenti merekam dalam empat menit terakhir penerbangan.
Baca Juga: Masyarakat Lokal Semakin Khawatir, Malaysia Tolak Ratusan Pengungsi Rohingnya
Penerbangan Jeju Air dari Bangkok pada tanggal 29 Desember 2024 melewati landasan pacu Bandara Muan saat melakukan pendaratan darurat dan menabrak tanggul yang berisi peralatan navigasi, yang disebut localiser, menewaskan semua kecuali dua dari 181 orang dan awak pesawat.
"Setelah pesawat menabrak tanggul, terjadi kebakaran dan ledakan parsial. Kedua mesin terkubur di gundukan tanah tanggul, dan badan pesawat bagian depan berserakan hingga 30-200m dari tanggul," kata laporan itu, yang memberikan beberapa gambar baru dari lokasi kecelakaan.
Localiser membantu navigasi pesawat yang mendekati landasan pacu, dan struktur yang dibangun dari beton bertulang dan tanah di bandara Muan yang menopang antena sistem kemungkinan berkontribusi terhadap tingginya jumlah korban tewas, kata para ahli.
Penyelidikan akan membongkar mesin, memeriksa komponen secara mendalam, menganalisis data kontrol lalu lintas udara dan penerbangan, dan menyelidiki tanggul, localiser, dan bukti tabrakan burung, kata laporan itu tentang langkah selanjutnya.
"Aktivitas investigasi menyeluruh ini bertujuan untuk menentukan penyebab kecelakaan yang akurat," katanya.
Mayday
Laporan tersebut menyoroti banyak temuan awal oleh para penyelidik Korea Selatan yang dibagikan kepada keluarga korban pada hari Sabtu, termasuk kesadaran pilot tentang sekawanan burung pada pendekatan terakhir pesawat.
Waktu pasti tabrakan burung tersebut dilaporkan oleh pilot masih belum dapat dipastikan, kata laporan kecelakaan tersebut, tetapi pesawat tersebut "membuat pernyataan darurat (Mayday x 3) untuk tabrakan burung saat berputar balik."
Laporan tersebut tidak menyebutkan apa yang mungkin menyebabkan Perekam Suara Kokpit (CVR) dan Perekam Data Penerbangan (FDR) berhenti merekam secara bersamaan tepat sebelum pilot menyatakan keadaan darurat.
Pesawat tersebut berada pada ketinggian 152 m dengan kecepatan 298 km/jam sekitar 2 km dari landasan pacu saat perekam penerbangan berhenti merekam, katanya.
Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), sebuah badan PBB, mengharuskan penyelidik kecelakaan untuk membuat laporan awal dalam waktu 30 hari sejak kecelakaan dan mendorong laporan akhir untuk dipublikasikan dalam waktu 12 bulan.
Badan Investigasi Kecelakaan Penerbangan dan Kereta Api Korea Selatan telah membagikan laporannya dengan ICAO, Thailand, dan Amerika Serikat serta Prancis, yang merupakan negara asal bagi produsen pesawat dan mesin, kata seorang pejabat pada hari Senin.
Kirim masukan
Baca Juga: RI-Korea Berkolaborasi Percepat Industri 4.0 di Sektor Manufaktur