kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gara-gara Invasi Rusia ke Ukraina, Nilai IPO Global Anjlok 70% di Kuartal 1-2022


Minggu, 27 Maret 2022 / 15:29 WIB
Gara-gara Invasi Rusia ke Ukraina, Nilai IPO Global Anjlok 70% di Kuartal 1-2022
ILUSTRASI. Nilai IPO global di kuartal I-2022 turun


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya membuat krisis energi hingga pangan, konflik Rusia-Ukraina juga menggempur minat penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) global.

Volatilitas akibat perang dan melonjaknya inflasi membuat investor khawatir sehingga IPO global anjlok di kuartal I 2022, setelah sempat mencetak rekor tertinggi pada kuartal I-2021 lalu.

Mengutip data Bloomberg, sepanjang tahun 2022, baru ada sekitar US$ 65 miliar dana segar yang diraup melalui IPO di seluruh dunia. Jumlah itu, turun 70% dibandingkan nilai IPO yang diraup pada tiga bulan pertama tahun 2021 yang mencapai US$ 219 miliar.

Dengan jumlah itu, maka menempatkan pasar global di jalur untuk hasil kuartalan terendah sejak awal pandemi virus corona yang terjadi di tahun 2020.

Walau begitu, perusahaan penyedia energi terbarukan seperti Plenitude dan bisnis perawatan kulit Galderma berencana untuk menguji selera investor dengan menggelar IPO di beberapa bulan mendatang.

Baca Juga: 15 Kota di Dunia Dukung Konser Penggalangan Dana: Save Ukraina-Stop War

Daftar pasar saham mencatat rekor pada tahun 2021 karena langkah-langkah stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya memicu lonjakan ekuitas global ke level tertinggi sepanjang masa.

Sekarang, latar belakang telah berbeda, dengan sejumlah bank sentral utama yang melakukan pengetatan moneter dengan menaikkan suku bunga acuan. Hal itu dilakukan sebagai tanggapan atas meningkatnya inflasi dan investor ketakutan oleh invasi Rusia ke Ukraina.

"Ini mungkin waktu terburuk dalam lima tahun dalam hal sentimen pasar," kata Li Hang, Head of Equity Capital Markets (ECM) and Syndicate di CLSA.

Kenaikan suku bunga dikombinasikan dengan perubahan pasar yang tajam telah mendorong investor untuk menghindari perusahaan dengan perkiraan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Namun relatif kecil dalam hal keuntungan saat ini.

“Anda memerlukan pasar yang lebih stabil untuk menemukan tingkat di mana IPO dapat diselesaikan,” kata Saadi Soudavar, wakil kepala pasar modal ekuitas Deutsche Bank AG untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika.

Indeks Volatilitas Cboe, ukuran perkiraan perubahan pasar yang diamati secara luas, melonjak di atas 30 ketika Rusia menginvasi Ukraina dan memiliki pembacaan rata-rata sekitar 26 tahun ini. Artinya, IPO mungkin terlalu berisiko terhadap investasi untuk menerima selera yang cukup. Secara historis, sebagian besar listing global telah diberi harga saat indeks berada di bawah 25.

Baca Juga: Joe Biden Bidik Penerimaan Pajak dari Orang Tajir di Amerika Serikat

Perubahan pasar yang liar telah membatalkan IPO dari New York ke New Delhi. Life Insurance Corp yang berencana menggalang dana sebanyak US$ 8,5 miliar untuk pemerintah India dengan penawaran sebelum akhir Maret. IPO ini akan ditunda hingga pertengahan Mei. Penawaran tersebut akan menjadi salah satu listing global terbesar tahun ini.

Bahkan penawaran cepat seperti penawaran cek kosong, yang biasanya dihargai dalam hitungan hari, jatuh di pinggir jalan. Kendaraan, juga dikenal sebagai perusahaan akuisisi tujuan khusus, mencatat rekor kecepatan tahun ini karena antusiasme investor berkurang karena pengembalian yang buruk dan pengawasan peraturan yang meningkat.

Bank investasi mulai merasakan dampaknya seperti UBS Group AG mulai memberhentikan beberapa bankir di pasar modal ekuitas di Eropa, Timur Tengah dan Afrika bulan ini, menurut orang yang mengetahui masalah tersebut.

Namun, tidak semua malapetaka dan kesuraman. Sementara penjualan saham lanjutan mulai meningkat dari Asia ke Eropa dan AS, IPO telah melawan tren global dan berlomba maju di Timur Tengah, di mana harga minyak yang tinggi dan kenaikan suku bunga membantu pasar regional mengungguli pasar internasional.

“Timur Tengah adalah satu titik terang di pasar ECM global yang tenang. Ada pasar yang lebih luas dan lebih dalam sekarang daripada di sana. belum pernah ada sebelumnya, dan persembahannya beragam,” kata Andree Chakhtoura, kepala perbankan investasi untuk Timur Tengah dan Afrika Utara di Bank of America Corp.

Banyak komoditas utama diperdagangkan pada atau mendekati level rekor, dengan perang di Ukraina meningkatkan kekhawatiran pasokan. Hal ini sudah mulai memacu aktivitas pasar modal.

Baca Juga: Galang Pendanaan untuk Perang Melawan Rusia, Ukraina Lelang NFT

Dana kekayaan negara Qatar menguangkan saham senilai US$1 miliar di Glencore Plc melalui transaksi semalam pada 23 Maret, sementara WE Soda, salah satu produsen soda ash alami terbesar di dunia, sedang mengevaluasi opsi termasuk IPO London, Bloomberg News melaporkan.

Para bankir terus bertaruh pada pemulihan di kuartal kedua 2022. Sebagian didorong oleh jalur lengkap kandidat perusahan besar yang siap untuk memanfaatkan investor publik, dan peluang rebound pasar saham.

“Pertanyaan kuncinya adalah kapan kita dapat menentukan harga pipa besar IPO Eropa yang menunggu di sayap; kami berharap jawabannya adalah pada awal Mei, Juni,” kata Soudavar dari Deutsche Bank.

Sejumlah daftar profil tinggi dari orang-orang seperti Nucera dan spesialis hidrogen hijau Italia, Industri De Nora SpA dari Thyssenkrupp AG, sedang dikerjakan di Eropa. Di AS, perusahaan pakaian dalam Rihanna Savage X Fenty dan pembuat chip Arm Ltd yang didukung SoftBank Group Corp termasuk di antara IPO tiket besar yang sedang dikerjakan oleh para bankir.

Di Asia, perusahaan ekuitas swasta PAG dan pembuat kendaraan listrik Hozon New Energy Automobile Co. sedang dalam proses dengan penawaran bernilai lebih dari satu miliar dolar.




TERBARU

[X]
×