kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Itu NATO? Ini Penjelasan Singkat, Tujuan, dan Anggota NATO


Kamis, 27 Januari 2022 / 10:55 WIB
Apa Itu NATO? Ini Penjelasan Singkat, Tujuan, dan Anggota NATO
ILUSTRASI. NATO adalah singkatan dari North Atlantic Treaty Organization atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - NATO adalah singkatan dari North Atlantic Treaty Organization atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara. Namun, apa itu NATO? 

NATO adalah aliansi militer yang didirikan lantaran persaingan blok Barat dengan Uni Soviet dan sekutunya pasca-Perang Dunia II. 

NATO merupakan salah satu aliansi yang bertujuan untuk mempertahankan domininasi Amerika Serikat dan sekutunya terhadap Uni Soviet. 

NATO didirikan berdasarkan Persetujuan Atlantik Utara yang ditanda tangani di Washington, DC pada 4 April 1949. 

Baca Juga: Tanda-Tanda Perang Rusia vs Ukraina Semakin Terlihat

Tujuan NATO 

Dirangkum dari laman Britannica, tujuan utama NATO pada saat didirikan adalah menyatukan dan memperkuat militer Barat terhadap kemungkinan invasi Uni Soviet atau sekutunya selama Perang Dingin. 

Dirangkum dari Modul Pembelajaran Sejarah Kemdikbud, tujuan NATO adalah para anggota setuju bahwa sebuah serangan bersenjata terhadap salah satu atau lebih dari mereka di Eropa maupun di Amerika Utara akan dianggap sebagai serangan terhadap semua anggota. 

Selanjutnya mereka setuju bahwa, jika serangan bersenjata seperti itu terjadi, setiap anggota, dalam menggunakan hak untuk mepertahankan diri secara pribadi maupun bersama-sama seperti yang tertuang dalam Pasal ke-51 dari Piagam PBB, akan membantu anggota yang diserang. 

Hal itu dilakukan baik sendiri maupun bersama-sama, dirasakan perlu, termasuk penggunaan pasukan bersenjata, untuk mengembalikan dan menjaga keamanan wilayah Atlantik Utara.

Baca Juga: Asal Muasal Mengapa Rusia dan Ukraina Perang dan Apa yang Diincar Putin?




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×